6 Cara untuk tingkatkan jangkauan marketing di Instagram

Instagram saat ini telah menjadi tempat pemasaran dan jualan yang sangat populer. Konten visual berupa foto maupun video yang disajikan mampu menarik perhatian calon potential customer.

Jika Anda mengetahui cara jualan di Instagram dan mampu memanfaatkan fitur-fitur yang telah disediakan. Maka dengan mudah Anda akan menemukan ribuan customer baru pada bisnis Anda. Perhatikan beberapa tips berikut agar strategi Instagram marketing yang Anda rencanakan bisa berjalan dengan suskes:

1.Membangun komunitas dengan hashtag

Fungsi hashtag pada Instagram hampir sama seperti sosial media lainnya sebagai contoh Twitter dan Pinterest, yakni untuk menjangkau pengguna secara lebih luas. Dengan menambahkan hashtag maka foto dan video yang diunggah memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk dilihat oleh orang lain.
Selain itu dengan menggunakan hastag Anda juga bisa membentuk sebuah komunitas, yang kemudian bisa Anda gunakan untuk campaign Instagram ataupun keperluan lainnya. Sebagai contoh adalah hashtag #appytraveling yang digunakan oleh Traveloka agar para pengguna Instagram dapat membagikan kisah travelling mereka.

2.Mengunggah post terbaru secukupnya

Jangan Memperbaharui post setiap jam sekali pada akun instagram Anda, apalagi mengunggah ratusan foto pada waktu bersamaan. Jika Anda terlalu sering mengunggah foto atau video, maka akun follower Anda akan menjadi penuh. Hal ini akan membuat mereka kesal dan akhrinya memutuskan untuk unfollow akun Anda!

3. Waktu yang tepat untuk upload instagram

Karena Instagram dapat diakses melalui smartphone, maka pengguna dapat mengaksesnya kapanpun dan dimanapun. Akan tetapi, algoritma terbaru yang diterapkan oleh Instagram tidak membuat post Anda muncul sebagai recent post pada akun milik orang lain.
Meskipun demikian, waktu yang paling tepat untuk mengunggah post Instagram adalah pada hari Senin hingga Kamis. Anda dapat mengunggahnya pada pukul berapapun kecuali pukul 3:00 p.m hingga 4:00 p.m.
Sedangkan untuk konten video memiliki performa yang baik meskipun diunggah setiap hari, terutama pada waktu malam sekitar pukul 9:00 p.m hingga 8:00 a.m.

4. Relevansi antara trend, follower, dan bisnis

Sebagai pemilik bisnis, sudah pasti Anda akan berpikir tentang posting seperti apa yang akan disenangi oleh orang lain. Namun perlu diperhatikan juga trend yang sedang populer di lingkungan masyarakat.
Jika sudah mengetahui kedua hal tersebut maka carilah relevansi keduanya dengan bisnis online Instagram prooduk Anda, kemudian tampilkan dalam bentuk foto atau video semenarik mungkin.

5. Cari sesuatu yang menonjol diantara kompetitor lain

Ada banyak pemilik bisnis yang masih berpikir bahwa Instagram hanya digunakan oleh bisnis makanan dan pakaian saja. Pada kenyataanya semua jenis bisnis bisa ditampilkan dalam bentuk foto atau video, namun cara menyampaikannya saja yang sedikit berbeda.
Sebagai contoh pemilik akun “Sribulancer” yang menyediakan berbagai jasa freelancer bisa menampilkan situasi meeting di kantor, testimonial, atau tips-tips untuk para freelancer.

6. Kerjasama dengan brand lain

Anda pasti pernah melihat beberapa akun Instagram suatu brand sedang mempromosikan akun brand lainnya.Hal ini tentu saja bertujuan untuk meningkatkan Jumlah follower mereka masing-masing.
Jika akun Anda dipromosikan oleh pihak lain, maka bisa jadi follower mereka yang belum mengikuti Anda akan tertarik membuka akun Anda. Tapi pastikan bahwa pihak tersebut memiliki kemiripan atau fokus bisnis yang sama dengan Anda. Dan juga brand yang akan mempromosikan Anda memiliki potensi yang cukup besar sebagai misal memiliki follower yang banyak.
Tips di atas setidaknya akan membantu Anda melalukan bisnis online instagram. Jika semuanya dimanfaatkan dengan benar, maka Instagram marketing akan berjalan sebagaimana mestinya.(/Flm)

Bagikan artikel ini :



Temukan kami di sosial media

     
Call Support : +62811338404
CALL